Senin, 20 April 2009

Peralatan aquarium air laut

untuk mendukung kehidupan biota laut di dalam aquarium, di perlukan beberapa peralatan dan jenis filterasi yang bisa di pilih.
jenis peralatan tersebut adalah
- Chiller, Aquarium air laut harus berkisaran antara suhu 25 - 28 derajat celcius, dengan menggunakan chiller, ikan dan coral kita akan merasa dingin nya seperti di laut bebas.
- Protein Skimmer. Ini adalah hal mutlak bagi pemula, karena bisa di bilang ini adalah untuk mensupport jantung dari aquarium. fungsi dari skimmer ini adalah untuk membuang limbah dari aquarium kita, seperti algae yang berterbangan di aquarium kita, DOC (sisa makanan dan kotoran ikan), metal, dll. biasa hasil limbah dari protein skimmer ini sangat bau dan kadang kadang sangat pekat.
- Wave maker. di laut arus air laut bervariasin, dengan kekuatan yang berbeda setiap waktu, makanya wave maker sangat di perlukan. namun hal ini bisa di ganti dengan power head, walaupun tidak sebagus wave maker. untuk ukuran tank yang besar, lebih baik menggunakan wave maker, walau harga lebih mahal, tapi hasilnya lebih bagus.

di chapter berikutnya saya akan menjelaskkan tentang systel filterasi air laut, dengan sisi positif dan negatif nya.

1 komentar: