Jumat, 17 April 2009

Newbie di aquarium laut?

gue agak sedih sebenarnya dengan keadaan para hobby yang baru di aquarium air laut... dengan pengetahuan minim, mereka sudah berani untuk membuat aquarium air laut dan memelihara beserta biotanya. di blog ini aku akan membuat berbagai macam pengetahuan tentang air laut, mulai dari informasi, peralatan, pengetahuan yang baru saya dapat dan lain lain nya... nah mungkin kita bisa memulai dari pengenalan saya pertama kali saat memulai air laut ini...

saya memulai memelihara ikan air laut ini pada tahun 2007. karena baru saja buka sebuah toko bernama toko 2ikan yang bisa menyalurkan hobby saya ini... saya melihat ikan nemo kecil yang lucu.. akhirnya dengan dana sekitar 200 ribu.. gue memberanikan diri untuk membelinya.. membeli aquarium kecil, filter, skimmer kecil, ikan nemo 5 ekor, lampu. namun apa yang terjadi.. ikan saya mulai menunjukkan keadaan tidak sehat, muncul nya whitespot di semua tubuhnya hingga meninggal dalam waktu 2 minggu... akhirnya saya pergi membeli lagi dengan ikan nemo yang lebih besar 1 ekor... namun kali ini bisa bertahan selama 2 bulan, saya rajin mengeluarkan sisa makanan, dan tahi dari ikan tersebut setiap kali memberi makan... namun akhirnya meninggal juga... akhirnya saya mencari tahu... ada apa dengan hobby baru saya ini... dan mengapa sangat susah... akhirnya saya membeli buku tentang air laut..... setelah membaca nya. saya masih mencari tahu di internet tentang air laut.. akhirnya saya memberanikan diri dengan aquarium 90 cm x 50 cm x 50 cm termasuk filter di belakangnya hingga sekarang...
namun setelah lebih banyak membaca... saya malah bingung.. kenapa ikan saya yang pertama bisa bertahan selama 2 minggu... sungguh tidak masuk akal.. seharusnya dalam hitungan hari sudah meninggal.... jawabannya saya ceritakan di halaman berikutnya... maaf sibuk... lagi ada barang masuk :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar